Sahabatan Lebih Baik

by - Mei 30, 2012


           Pagi itu Widi menunggu antaran ke sekolah. Seperti biasa sahabat Widi dari SD yang bernama Gilang selalu hadir untuk berangkat sekolah bersama-sama dengan Widi. 
           “Ih, lama banget sih si Gilang. Udah mau telat nih.” Batin Widi cemas sambil melihati jam tangan pink nya yang ia beli kemarin.
          Tak berapa lama terdengar nya suara klakson sepeda motor. Tak lain dan tak bukan itu adalah Gilang, seperti biasa dia menjemput Widi dengan sepeda motor matic nya yang berwarna hitam.
          “Lama banget sih Lang, udah jam 07.20 nih. Bisa-bisa kita kena strap lagi kayak minggu lalu. Aku belum siap PR Matematika lagi.” Omel Widi sambil naik ke sepeda motor Gilang.
          “Sorry Wid, tadi aku kesiangan. Udah tenang aja aku udah siap kalau PR itu. Itu mah gampang.” Sambung Gilang yang mulai menggas sepeda motornya.
          “Ya deh yang professor matematika itu.” Ejek Widi.
          Setelah ngebut-ngebut, tak terasa mereka sampai juga di sekolah. Untungnya mereka sampai bertepatan dengan bunyinya lonceng masuk.
          “Untung aja ya kita nggak terlambat.” Ucap Widi sambil berlari menuju kelas bersama Gilang.
          “Haha, iya. Kalau nggak kita udah hormat bendera tuh sampai les pelajaran ke tiga.” Sambung Gilang dengan canda.
          Mereka pun mulai masuk ke kelas dan duduk di bangku mereka. Les pelajaran pertama pun dimulai yaitu pelajaran Olahraga. Murid-murid kelas 9-3 mulai berhamburan untuk mengganti pakaian olahraga setelah mendapat intruksi dari guru mereka.
          Saat Gilang mau pergi ganti pakaian bersama temannya, Widi yang masih duduk menarik tangan kiri Gilang, “Gilang?”
          Gilang yang melihat tangannya dipegang oleh Widi tiba-tiba jadi salah tingkah, “Aduh, apaan sih Wid?”
          “Lihat MM dong?”
          “Eeee, aku kira apaan. Ambil noh di tasku. Emang kamu nggak olahraga?”
          “Perutku lagi sakit Lang, tadi pagi belum sarapan soalnya kan keburu-buru. Aku udah bilang tadi kok sama Pak Guntur.” Jelas Widi.
          “Oh, ya udah aku ganti baju dulu ya.”
          “Ya.”
          Les pelajaran pertama pun selesai, anak-anak 9-3 mulai berhamburan mengganti pakaiannya. Gilang yang sudah berganti pakaian memasuki kelas dengan membawa roti bakar dan air mineral, lalu dia menuju bangkunya dan memberikannya pada Widi.
          “Apa-apaan nih?” Tanya Widi heran.
          “Tapi kamu belum sarapan, ini aku bawakan makanan. Udah makan dulu entar kamu pingsan pula.”
          “Hehe, kamu baik banget sama aku. Thanks ya Lang.” Widi lalu tersenyum.
          Widi pun lalu memakan roti bakar yang dibawa Gilang. Sesekali Gilang menatap ke arah Widi dan tersenyum sendiri ketika melihat Widi, Widi yang tak sengaja melihat Gilang pun merasa heran.
          “Kenapa Lang? Sawan ya? Haha.” Tanya Widi heran.
          “Nggak apa-apa kok.” Kemudian Gilang berbalik dan ngobrol dengan Ibnu.
          Lonceng pergantian pelajaran pun berbunyi dan mereka melanjutkan pelajaran mereka yaitu Matematika dan pelajaran seterusnya. Sampai akhirnya lonceng pulang pun berbunyi.
          Widi keluar kelas bersama teman-teman ceweknya. Sesampainya di tempat parkir, Widi pun berpisah dengan teman-temannya dan pulang bersama Gilang.
          “Wid, ke rumahku yuk.” Ajak Gilang.
          “Ngapain Lang?” Tanya Widi.
          “Nggak ada, main-main aja lah. Oh ya, aku juga baru beli ipad loh. Haha, sekalian Mamaku juga masak enak hari ini. Ayo lah Wid?”
          “So pasti lah aku ikut. Jadi kemek-kemek yang ipad baru? Haha.” Canda Widi.
          “Haha, bisa aja.”
          Akhirnya mereka pun sampai di rumah Gilang. Lalu mereka pun masuk. Mama Gilang lalu menyambut kedatangan Widi dan Gilang. Ya, Mama Gilang sudah kenal baik dengan Widi. Widi memang sering berkunjung ke rumah Gilang dan main dengan Gilang. Maklum, mereka sahabat dari SD.
          Setelah itu Gilang main playstation di kamarnya sedangkan Widi sibuk mengotak-atik ipad baru Gilang.
          “Wid, entar dulu ya aku mau turun ke bawah, mau lihat masakannya udah jadi atau belum.”
          “Oke deh, sip.”
          Sementara Gilang ke dapur, Widi mulai bosan dengan ipad Gilang. Dia lalu mengobrak-abrik rak buku Gilang mencari komik atau novel untuk dibacanya. Ups, tidak sengaja Widi nemui sebuah surat didalam komik Himimaru kesukaannya. Karena penasaran, Widi lalu membacanya.

           To      : Widi
          From  : Gilang
          Wid, kamu tau nggak? Kalau aku di dekat mu rasanya nyaman banget. Entah kenapa hatiku bawaannya senang terus. Apa lagi tiap hari kita pergi dan pulang sekolah bareng. Dan akhir-akhir ini entah mengapa aku merasakan sesuatu. Sesuatu yang aku sendiri pun nggak tau. Aku tau ini salah, kita berdua bersahabat dan nggak mungkin aku menyatakan semua ini sama kamu. Tapi aku harus bilang, kalau aku sayang sama kamu Wid. Aku pengen kita lebih dari sahabat, tau kan maksud aku?

          Widi terkejut saat membaca surat kecil itu dan merasa tak percaya. Tiba-tiba Gilang masuk dan langsung menarik surat yang dipegang Widi.
          “Ih kamu Wid, ini kan privasi ngapain dibaca-baca.” Wajah Gilang tampak memerah dan keringatnya mulai bercucuran.
          Widi hanya tersenyum, “Ini beneran Lang?”
          “Kalau iya kenapa? Dan kalau nggak kenapa?” Gilang mulai membeli-belitkan pertanyaannya.
          “Ya, kalau emang iya aku bakal jawab iya. Kalau nggak sih juga nggak apa-apa.” Jawab Widi singkat.
          “Ya udah, ini beneran. Kamu mau kan?” Gilang mencoba untuk memastikan.
          “Iya Lang, coba aja kita jalani dulu.” Widi kembali tersenyum.
          “Makasih ya Wid.”
          “Oke Lang.”
          Mereka lalu turun ke bawah untuk menyantap makan siang mereka yang sudah dibuat Mamanya Gilang. Dan kini hubungan mereka telah berubah dari bersahabat menjadi berpacaran. Apakah ini akan bertahan lama?
          Sebulan pun berlalu, Gilang dan Widi jadi jarang berkomunikasi semenjak mereka pacaran, itu pun hanya berkomunikasi di kelas saja, bahkan mereka akhir-akhir ini jarang pergi dan pulang sekolah bersama. Gilang lebih sering menghabiskan waktunya bersama teman-teman basketnya sedangkan Widi sibuk dengan kegiatan OSIS nya.
          Dan pada akhirnya Widi merasakan suatu keganjalan dalam hubungan mereka. Ini tidak seperti dulu, mereka yang dulu selalu ada waktu untuk bersama sedangkan sekarang hampir tidak pernah mereka meluangkan waktu untuk bersama. Entah mengapa Widi mulai menyadari kalau bersahabat itu lebih menyenangkan dari berpacaran. Besoknya Widi pun mulai berbicara pada Gilang.
          “Lang, aku boleh ngomong nggak sama kamu?” Tanya Widi pada Gilang agak serius.
          “Boleh, mau ngomong apa?”
          “Selama ini kamu ngerasain perubahan nggak semenjak kita pacaran? Dijawab ya?”
          " Gak ada yang berubah kok Wid." Jawab Gilang agak ragu.
          "Aku nanya serius loh Lang?" Widi kembali memastikan.
          “Hem, sebenarnya iya sih Wid, banyak banget perubahan kita. Kita jadi nggak kayak dulu. Hem…”
          “Enakan juga kayak dulu ya Lang? Kita bisa main sama-sama, main PS, jalan-jalan, tapi kok sekarang beda banget ya? Aku pikir pacaran bisa bikin kita makin dekat, tapi malah sebaliknya.”
          “Iya Wid, sedih juga sih.”
          “Aku sih pengennya kita kayak dulu Lang, bisa sahabatan. Menurut kamu gimana?” Ungkap Widi.
          “Ya, sebenarnya aku juga sih Wid. Dari minggu kedua kita pacaran aku juga udah ngerasain gitu, tapi ya aku kan nggak mau buat kamu kecewa.”
          “Sama lah Lang. Jadi gimana keputusan kita Lang? Masih pacaran atau kita sahabatan kayak dulu?”
          “Sahabatan lebih baik kali ya Wid. Hehe.”
          “Hehe. Oke sob, jawaban itu lah yang aku mau.” Widi pun tersenyum.
          Mereka lalu saling tos dan mereka mulai kembali bersahabat seperti dulu. Mereka jadi akrab kembali dan sering bermain bersama lagi. Ini lah akhir dari cerita Widi dan Gilang. Bersahabat itu lebih baik kan? (Tamat)

You May Also Like

0 Komentar