Tragedi Zaman

by - Desember 21, 2011


Facebook, Twitter, Facebook, behel (kawat gigi) , dan lain sebagainya. Pasti semua itu tidak asing lagi di telinga kalian. Semua itu adalah segala hal yang sedang trend di kalangan remaja. Kebanyakan dari mereka menggunakan semua itu untuk mengikuti perkembangan zaman. Kalau nggak punya itu sih nggak gaul katanya?




            Ya… Perkembangan zaman itu bisa saja di bidang teknologi, fashion, dan lain sebagainya. Tentunya semua perkembangan itu memiliki dampak positif dan dampak negatif.
            Contohnya dampak positif di bidang teknologi, misalkan saja smartphone yang sekarang sedang banyak dibicarakan dsan diminati banyak orang ini yaitu Blackberry. Dengan smartphone ini kita dapat memperoleh berbagai fasilitas. Kita dapat browser internet secara cepat dan mudah tanpa harus bertatap dengan layar komputer.
Dan berbicara soal internet. Siapa sih yang nggak kenal dengan internet? Hampir seluruh masyarakat di dunia mengetahuinya. Dengan internet kita dapat mencari informasi yang kita butuhkan dan kita pun juga dapat berkomunikasi/ chatting dengan menggunakan beberapa fasilitas yang ada di internet. Sebut saja salah satu diantaranya yaitu Facebook. Sudah banyak orang yang menggunakan social network ini termasuk saya sendiri. Dengan Facebook kita dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi. Kita juga dapat saling terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia dan mencari teman sebanyak-banyaknya. Namun seperti yang saya bilang tadi, jika ada dampak psitif tentunya juga ada dampak negatifnya.
Pertama dampak negatif dari Facebook. Facebook ini juga dapat dijadikan sebagai sarana perbuatan kejahatan oleh beberapa orang jahat seperti penyebaran video-video pornografi dan penipuan seperti adanya penculikan yang dimulai dari chattingan dengan orang-orang yang tidak dikenal di Facebook. Itu bisa saja terjadi kepada orang yang tidak tahu bagaimana cara memanfaatkan Facebook itu. Jadi kita sebagai seorang remaja harus pandai-pandai memanfaatkan sesuatu dengan baik. Manfaatkanlah Facebook itu sebagai sarana bertukar informasi, ajang promosi atau iklan, dan sebagai ajang diskusi atau yang lainnya yang bermanfaat.
Dan yang kedua Blackberry atau pun behel (kawat gigi). Kebanyakan anak remaja sekarang menggunakan itu agar tidak dikatakan ketinggalan zaman dan supaya gaya katanya. Sebenarnya sih kalau menurut saya tidak perlu terlalu diikuti. Terlalu mengikuti zaman ini juga tidak baik. Misalnya bagi keluarga yang ekonominya cukup rendah. Demi mengikuti perkembangan zaman si anak memaksa orang tuanya yang berpenghasilan pas-pasan untuk membelikannya Blackberry dan behel. Itu tidak patut untuk dicontoh. Syukuri saja apa yang sudah kita miliki. Tidak perlu memaksakan kehendak kita kepada orang tua untuk membeli semua itu. Lagian kan tujuan kita ke sekolah untuk belajar dan menuntut ilmu, bukannya untuk bergaya?
Nah, itu tadi beberapa tragedi yang sering muncul atau terjadi di kalangan anak remaja di era perkembangan zaman seperti sekarang ini. Kita harus pandai-pandai menghadapinya. Jangan sampai terjebak dan terjerumus pada sisi-sisi negatifnya. Sekarang, semua itu tergantung kepada diri kita masing-masing. Bagaimana cara kita menanggapi semua itu. Ingat, “Ambil lah yang baik, dan buang lah yang buruk.”

You May Also Like

0 Komentar