Resesnsi Buku Jawab JUJUR: Suka Duka Cerita Hati

by - Januari 05, 2013


Judul                                     :               Jawab Jujur: Suka Duka Cerita Hati
Penulis                                 :               @JawabJUJUR
Penyunting                         :               Syafial Rustama
Proofreader                       :               Resita Wahyu Febirarti
Penata Letak                      :               Rina Novitasari & Erina Puspitasari
Desainer Sampul              :               Gita Mariana
Penerbit                              :               Bukune
Tahun Terbit                      :               2012
Dimensi                                :               13 x 12cm
Tebal                                     :               182 halaman
ISBN                                      :               602-220-075-x
Harga Buku                         :               Rp 35.000,-

 
Jawab Jujur: Suka Duka Cerita Hati adalah buku kedua yang diterbitkan Jawab Jujur setelah Book Party Love. Taunya sih udah lama “Tau darimana?” Ya taulah, aku kan jajuvers sejati dan bisa dibilang jajuver yang kepo. Sebelum Book Party Love diterbitkan aku juga udah tau Jawab Jujur bakal buat buku keduanya setelah Book Party Love  yang isi bukunya membahas tentang cerita para followersnya yang salah satu di dalamnya adalah cerita aku.  Nah itu dia yang bikin aku tertarik untuk beli buku JJ Suka Duka Cerita Hati, ya yang paling utama karena ada cerita aku di dalamnya.

Pas lagi booming-boomingnya tuh buku di TL @JawabJUJUR sangking nggak sabarnya buat beli (karena ada cerita aku di dalamnya) aku coba deh pinjam rekening teman-teman (karena aku nggak punya rekening), cari sana sini (ke teman-teman sekelas) ternyata nggak ada yang mau pinjemin (dengan berbagai alasan). Mau pinjam ke ortu tapi takut kena marah dan takut disangkain yang macem-macem. Sempat putus asa sih nyari rekening sana sini, iya takut kehabisam soalnya kan yang PO itu limited edition yang edisi TTD admin Jawab JuJur.  Kepengen aja yang ada TTD adminnya gitu soalnya aku ngefans banget sama admin-adminnya apalagi adminnya yang namanya Aria *eh. Akhirnya aku cuma bisa pasrah menghadapi keadaan yang nggak memungkinkan buat ke Gramedia soalnya lagi dalam masa-masa ujian (jadi harus fokus). Ya aku undur deh tuh beli bukunya sampai abis ujian biar bisa ke Gramedia. Dan Alhamdulillah setelah bagi raport dan aku dapatkan rangking 1 ku, lusanya Senin, 24 Desmber 2012 aku pergi ke Gramedia sama teman-temanku dan akhirnya JJ Suka Duka Cerita Hati udah di tanganku. Ya Allah senang banget waktu bisa megang buku itu dan terus pas buka hal 105 aku cuma bisa tersenyum haru melihat ceritaku dimuat di dalam buku Jawab Jujur: Suka Duka Cerita Hati. Nggak nyangka aja gitu kan dari followers @JawabJUJUR yang hampir 1 juta itu aku bisa jadi salah satu followers yang mengisi cerita di buku itu. Dan sekarang aku udah punya 2 koleksi buku Jawab Jujur yaitu Book Party Love yang didalamnya terpampang fotoku sebagai pemenang kedua kontes foto Jawab Jujur session 1 dan Jawab Jujur: Suka Duka Cerita Hati yang di dalamnya juga terdapat cerita aku. Thanks @JawabJUJUR, love you a lot muaaaaccchh *big hug*.
Setelah buku ini di tangan langsung deh aku baca sampai habis (butuh waktu 2 hari sih sebenarnya) dan walaupun udah habis dibaca, tapi aku tetap baca lagi. Habisnya gak ngebosenin sih haha. Akhirnya aku bisa memetik inti dari setiap pokok bahasan di buku Jawab Jujur: Suka Duka Cerita Hati.
Bab 1: Kejarlah Daku, Kau Ku Tinggal
Sebuah perilaku yang membuat seseorang merasa nyaman, disayangi, dan dicintai padahal sebenarnya pelaku tidak memiliki perasaan yang sama atau niat melanjutkan ke tahap yang lebih serius. Itulah sedikit kutipan yang aku ambil dari buku Jawab Jujur tentang pengertian PHP. Yah dibab ini @JawabJUJUR membahas curhatan para followers tentang masalah PHP. Gimana sakitnya perasaan orang yang diPHPin, dan bahkan ada juga curhatan tentang orang yang pernah ngePHPin orang lain. Intinya ya kalo gak mau kena yang namanya PHP kita harus bisa jaga hati dan jangan mudah geer kayak katanya @slmnda. Come on guys! Jangan mau terlalu berharap sama orang yang gak pantas diharapkan, diluar sana masih banyak kok yang mengharapkan kamu! Dan buat kamu para PHP, awas dapet karma lo! *devil*

Bab 2: Jauh Di Mata, (Berusaha) Dekat Di Hati
“Hubungan cinta yang terpisahkan oleh jarak, sehingga kedua pasangan tidak leluasa untuk bertatap muka secara langsung.” Begitulah pengertian LDR yang terdapat di buku Jawab Jujur. Nah disini @JawabJJUJUR ngebahas curhatan followersnya tentang LDR. Gimana pahit, manisnya LDR dan tips menghadapi LDR. Jadi intinya kalo memang kamu sayang sama pasangan kamu dan sebaliknya tapi harus LDRan yaudah pertahanin aja hubungan kalian. Selagi keduanya bisa saling percaya, setia, dan komunikasi lancar pasti “semua akan indah pada waktunya” kayak kata mimin @JawabJUJUR.

Bab 3: Sekali Mendayung, 2-3 Hati Terlampaui
Selingkuh itu adalah ketika dalam suatu hubungan salah satu (atau kedua) pasangannya menjalin hubungan dengan lawan jenis yang lain. Kalo itu sih pengertian aku sendiri berdasarkan atas apa yang udah aku baca di buku Jawab Jujur. Di bab ini @JawabJUJUR ngebahas curhatan followers tentang kasus perselingkuhan, kayak penyebab terjadinya perselingkuhan, gimana rasanya diselingkuhin, jadi selingkuhan dan bahkan jadi orang yang selingkuh. Selingkuh itu bisa terjadi jika salah satu pasangan merasa kurang perhatian atau mungkin terguncang oleh hasrat. Bisa jadi dia bosan, pengen coba-coba, atau mungkin emang gak serius ngejalin hubungannya. Intinya nggak ada yang bisa lepas dari permasalahan cinta yang satu ini baik kita sendiri ataupun pasangan kita, namanya juga manusia pasti bisa aja khilaf dan terguncang hasrat. So buat menghindari “perselingkuhan” coba deh bikin satu sama lain ngerasa nyaman dan coba untuk saling setia dan jujur.

Bab 4: They Call It PDKT, I Call It a Journey For Finding You
“Segala usaha, daya, dan upaya yang dilakukan secara nyata oleh seseorang dengan tujuan mendapatkan perhatian, ketertarikan, hingga cinta dari orang lain.” Begitulah kutipan dari buku Jawab Jujur tentang PDKT. Bab ini ngebahas curhatan followersnya @JawabJUJUR tentang PDKT. Gimana indahnya masa PDKT, pahitnya, asemnya, uniknya, konyolnya dan bahkan serunya masa-masa PDKT itu. Masa PDKT membuat kita memiliki gambaran (walaupun mungkin hanya sedikit) tentang seseorang sebelum kita mengetahui sifat asli dari seseorang tersebut. Hahaha, intinya sih PDKT itu adalah masa paling indah sebelum pacaran atau bahkan lebih indah dari pacaran kayak kata @niengNWN.

Bab 5: Awas Tikungan
Karena pengertian “tikung-menikung” di buku Jawab Jujur panjang banget jadi aku coba ambil kesimpulannya aja deh Tikung Menikung itu adalah ngegebet atau mencoba ngedekatin atau bahkan merebut pacar temen/sodara/sahabat/orang terdekat. Parah banget ya? Yaps emang parah banget. Secara di dunia ini masih banyak cowok/cewek kenapa harus punyanya sahabat yang diembat? Kenapa harus punyanya sodara yang diembat? Nah disini @JawabJUJUR ngebahas curhatan followers tentang tikung menikung, gimana pahitnya ditikung, kenapa pahit? Ya yang namanya ditikung mana ada manis-manisnya -_-. Yang ngerasain manis itu yang jadi pelakunya, si penikung. Intinya ya ditikung itu rasanya gak enak, nyesek, sakit, pokoknya campur aduk deh. Makanya jangan nikung kalo gak mau ditikung.

Bab 6: Break Me Up
Putus cinta merupakan suatu keadaan di saat suatu hubungan cinta diakhiri secara sengaja maupun tidak sengaja oleh salah satu atau kedua belah pihak yang menjalin hubungan cinta. Di bab ini @JawabJUJUR ngebahas curhatan followersnya tentang maslah putus cinta yang pernah mereka alami. Kayak gimana sakit diputusin, rasanya putus cinta yang malu-maluin, dan bahkan putus cinta cuma karena kesalahan yang gak disengaja. Putus cinta itu bukan akhir dari segalanya kok. Jangan pernah berfikir kalo kamu gak sama dia kamu gak akan bisa hidup, kamu bakal jomblo seumur hidup, enggak kok. Tuhan pasti udah nyiapin yang terbaik buat kamu, tapi mungkin bukan sekarang kamu dipertemukan sama jodoh kamu tapi nanti. Jadi tenang aja, putus cinta itu wajar namanya juga percintaan. Tapi jangan seenaknya juga mutusin pasangan kamu cuma gara-gara hal sepele atau bahkan mutusin tanpa sebab, itu namanya kamu gak punya hati. Intinya kalau kamu gak mau hal ini terjadi coba deh saling tulus dan setia sama pasangan kamu. Percaya deh semua pasti akan indah pada waktunya, Tuhan punya rencana besar buat kamu.

Bab 7: Ekspresikan Kejujuranmu!
Dibab ini @JawabJUJUR berbagi sama para followers tentang  gimana serunya Kontes Foto @JawabJUJUR session 2 dan cerita perjuangan para finalis sampai jadi pemenang di kontes foto ini. Mulai dari cerita Ryan Ariestyan yang jadi juara ke-3, Vedro Agasi yang jadi juara ke-2 dan the winnernya Allan. Salut banget deh pas baca cerita mereka semua. Pengorbanan mereka buat ikutan kontes foto ini besar banget, sampe dibuat gitu list pengorbanannya hehe. Tapi emang iya, hasil yang mereka dapet pantas banget dan setimpal dengan pengorbanan mereka. Ada yang sampe bentuk tim gitu lagi, bacanya wow gitu. Cerita mereka menginspirasi aku dan bahkan para pembaca. Pengorbanan dan usaha mereka buat membudidayakan kejujuran sip banget. Cool deh buat admin @JawabJUJUR yang ngadain kontes foto session 2 ini dan buat para kontestannya. You Rock guys!!!

You May Also Like

0 Komentar