Mengubah Foto Jadi Kartun (Adobe Photoshop)

by - Agustus 07, 2012

Hello readers!!!
Kembali lagi bersama saya Admin 1 yang lain dan tak bukan adalah Novira Anggriyani sekaligus adalah pemilik dari blog ini. Oke tanpa basa basi lagi saya akan menjelaskan maksud daripada postingan saya kali ini *udah ah baku banget bahasanya.
Kali ini aku akan berbagi ilmu sama semua readers, yaitu tentang bagaimana cara mengubah foto menjadi kartun. Sebenarnya sih aku juga baru belajar ya, aku sering browsing dan akhirnya aku menemukan ilmu ini dan aku ingin menyalurkannya kepada readers hahaaa. Penasaran kan? Tapi ini dianjurkan buat pengguna adobe photoshop aja ya, kalo yang belum ada software ini mungkin bisa dibeli dulu di toko penyedia software software komputer dan di install dulu. Kalo aku sih adobe photoshopnya udah ada di laptop jadi tinggal di aplikasikan aja. Kalo ini terserah ya mau pake CS berapa aja soalnya hasilnya nanti sama juga kok, tapi sekarang ini aku pake yang CS 3.
Ini adalah karya foto kartun buatanku :


Gimana? Cakep? Hahaaa :D
Oke langsung aja ya kita liat cara-caranya, cekidot!!!

Dapur olah : Adobe Photoshop CS 3

1. Pertama buka dulu software Adobe Photoshop kamu dan nantinya tampilannya akan seperti ini
*beh ketauan banget gue pake XL -___-



2. Pilih foto yang pengen kamu jadiin kartun, terserah ya foto apa aja. Yang penting gambarnya harus jelas dan mudah di modifikasi. Kalo aku make foto yang ini ;;) jangan diliat kali ya, ntar naksir loh :D



3. Terus plih menu Filter > Artistic > Poster Edges



4. Entar tampilannya bakal jadi kayak gini



Sekarang kamu atur seperti yang dibawah ini :


Kalo udah jangan dulu menekan tombol OK. Sekarang kamu pilih New Effect Layer. Gambarnya kayak yang di bawah ini (Yang warna merah):



Oke? Lalu kamu pilih lagi Film Grain dan atur seperti yang di bawah ini :



Kalo udah kamu pilih lagi New Effect Layer terus pilih Cutout dan atur seperti di bawah ini:


Gimana? Bisa diikuti kan sampai sini? Sip! kalo gitu tekan OK.

5. Setelah kamu tekan OK kamu bakal dapetin hasil yang kayak gini :


Tapi tunggu dulu, ini belum selesai. Tinggal satu langkah lagi ;)

6. Terakhir  tugas kamu adalah ngerapiin bercak bercak dan menghapus bagian-bagian yang tidak diinginkan. Di langkah ini kamu harus teliti dan rapi ya, jangan sampai ada kesalahan.
Cara ngerapiinnya yaitu dengan menggunakan Brush Tool (B) dan EyeDropper Tool (I).


Fungsi dari Eyedropper Tool yaitu buat ngembil sampel warna. Misalnya warna bajunya biru, pilih EyeDropper Tool terus klik pada warna bajunya. Kalo Brush Tool fungsinya di sini buat ngerapiin bercak-bercak yang tidak diinginkan. Dan waaallaaaa hasilnya bisa seperti ini :


Untuk membuat kartun seperti yang di atas perlu ketelitian dan kesabaran yang ekstra. Jangan sampai kerjaannya setengah setengah. Kalo aku sih untuk buat foto kartun kira-kira perlu waktu 2 jam. hahaha lama memang, tapi mungkin pengerjaan kamu bisa lebih cepat daripada aku dan mungkin hasil kartun yang kamu buat bisa lebih bagus daripada yang itu. Itu sih tergantung dari orangnya masing-masing ya :D
Okelah sampai di sini dulu ya :D kalo aku punya ilmu yang lain pasti akan ku share ke readers semua :D
Jangan lupa post kan komentar ya :) Thanks

Selamat Mencoba!!! KOWAWA!!! :D

You May Also Like

8 Komentar